Cara Mengatasi Plafon Retak di Rumah

By | August 20, 2019

cara mengatasi plafon retak

Cara mengatasi plafon retak – Plafond pada bangunan mempunyai fungsi sebagai langit-langit yang membatasi antara struktur rangka atap dengan interior, dia juga mempunyai fungsi untuk menyembunyikan jaringan kabel, daerah dipasangnya lampu, dan juga sebagai penyerap panas tambahan sehingga bagian dalam ruangan konsisten teduh dan nyaman.  Agar strukturnya kuat, pemasangan plafond tentu saja sepatutnya dipandang, dan seluruh bentuk kerusakan sepatutnya langsung dikoreksi. Salah satu bentuk kerusakan yang paling biasa pada plafond merupakan terjadinya keretakan pada bagian permukaan ataupun sambungannya. Agar struktur plafond konsisten kuat, berikut merupakan kiat menuntaskan retak pada sambungan plafond ataupun pada bagian yang lainnya.

Penyebab retak pada sambungan plafon

Sebelum mengetahui sistem menuntaskan retak pada sambungan plafond, ada pantasnya Anda mengetahui penyebab dari sambungan plafond yang retak. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada plafond. Seperti seumpama merupakan sebab adanya obyek berat yang membebani plafond seperti seumpama pernah terinjak ketika membenarkan struktur atap atau jaringan kabel, dapat juga sebab disebabkan oleh hewan-hewan yang lazimnya memanfaatkan plafond untuk berkesibukan seperti seumpama tikus atau kucing.

Retak pada sambungan juga dapat disebabkan sebab pemasangan yang kurang benar, di mana sebelum dikompon tak dilapisi dengan mengaplikasikan paper tape sehingga tak ada perekatnya. Retak sambungan juga dapat disebabkan sebab penyusutan dan juga getaran yang menyebabkan pergeseran posisi sehingga retak pada bagian yang lemah merupakan sambungan.

Sistem membenarkan retak sambungan plafond

Cara mengatasi plafon retak pada sambungan dapat dilakukan dengan sistem menambalnya mengaplikasikan kain kasa gypsum atau gypsum tape pada sepanjang bagian yang retak. Kemudian lapisi dengan bahan kompon berkwalitas tinggi, amplas hingga teksturnya rata, baru kemudian dilapisi dengan cat yang elastis supaya plafond tak gampang retak kembali. Selain pada sambungan, bagian plafond yang acap kali terdapat retak merupakan pada bagian tepiannya. Untuk menuntaskan hal ini, Anda dapat memasang profil gypsum di sepanjang tepi plafond. Tidak hanya sebagai penguat dan penutup retakan, tetapi profil gypsum juga dapat menjadi penambah dekorasi yang lebih indah untuk interior ruangan.

Baca Juga  Desain Garasi Mobil Samping Rumah