Desain Rumah Rooftop Minimalis

By | May 14, 2019

Arsitek jogja ~ Dengan semakin sempitnya lahan yang tersedia terutama di wilayah perkotaan, mengakibatkan semakin mahalnya harga tanah di wilayah perkotaan. Sehingga sekarang banyak terdapat rumah di lahan yang cukup sempit. Namun jika kita cukup jeli untuk memanfaatkan lahan yang ada, kita masih bisa menikmati kenyamanan dan keasrian rumah kita. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan rooftop atau membuat desain rumah rooftop.

Rooftop merupakan bagian paling atas rumah kita atau sering kita sebut dengan istilah atap. Biasanya material penutup atap berupa genteng, seng, atau asbes. Namun jika kita ingin memnafaatkan lahan atap rumah kita, kita bisa membuat atap dari cor beton. Dengan atap cor beton lahan yang ada bisa dimanfaatkan untuk berkebun,ruang duduk ataupun aktivitas lainnya. jasa arsitek jogja

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat rooftop, antara lain :

  1. Struktur rooftop harus kuat dan kokoh

Rooftop menahan dua beban sekaligus yaitu beban mati dan beban hidup. Beban mati bisa berupa furniture yang kita taruh di rooftop atau juga tanaman yang kita simpan di sana. Sedangkan beban hidup berupa aktivitas manusia yang ada di rooftop. Tentu saja sangat berbahaya jika beban – beban tersebut tidak diperhitungkan ketika membuat rooftop.

  1. Rooftop tidak boleh bocor

Jika rooftop sampai bocor tentu saja akan menyebabkan air menetes ke ruang dibawahnya. Hal ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan bagi penghuni di dalamnya. Ada dua cara yang bisa dilakukan agar rooftop tidak bocor yaitu, ketebalan cor plat rooftop harus memenuhi standar teknis yaitu berkisar antara 12 – 15 cm dan lantai rooftop di beri lapisan anti bocor.

  1. Perhatikan sirkulasi air bersih dan kotor
Baca Juga  Cara Mengatasi Dak Rembes Secara Efektif

Rooftop merupakan area terbuka, sehingga ketika hujan akan terkena imbasnya. Oleh karena itu menjadi penting untuk memperhatikan sirkulasi air bersih dan kotor. Apalagi jika rooftop juga dimanfaatkan sebagai kebun. Jangan sampai terjadi genangan akibat tidak lancarnya air. Karena genangan bisa menjadi sarang nyamuk dan air bisa merembes ke lantai di bawahnya. arsitektur yogyakarta

Berikut ini adalah dua contoh desain rumah rooftop sebagai kebun dan tempat duduk

desain rumah rooftop

desain rumah dengan rooftop