Garasi mobil

By | February 12, 2019

Garasi mobil minimalis

Garasi mobil  merupakan salah satu bagian dari rumah yang memiliki fungsi sebagai tempat parkir dan berlindung kendaraan. Baik kendaraan roda dua ataupun roda empat. Posisi garasi untuk kendaraan seringkali berada di bagian depan sebuah rumah tinggal. Namun tak jarang garasi untuk kendaraan juga berada di sisi samping sebuah  rumah tinggal. Karena garasi kendaraan merupakan bagian dari depan rumah, maka garasi untuk kendraan harus dirancang sedemikian rupa sehingga bisa terlihat menyatu dengan fasad rumah. Dan tentu saja dengan tidak mengurangi fungsi garasi kendaraan itu sendiri. Jangan sampai garasi  di buat indah sesuai estetika fasad rumah namun tidak bisa berfungsi maksimal.

Garasi mobil sederhana

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat garasi untuk kendaraan, yaitu antara lain :

  1. Posisi garasi

Penentuan posisi garasi untuk kendaraan apakah berada di sisi kanan atau kiri rumah harus memperhatikan kondisi sekitar lahan. Apakah di sekitar lahan ada hal – hal yang bisa mengganggu akses masuk kendaraan. Seperti adanya tiang listrik, simpangan jalan, keamanan kerika keluar masuk kendaraan dan lain – lain. Perhatikan juga lebar jalan yang ada di depan lahan kita, pastikan bahwa lahan untuk akselerasi kendaraan kita mencukupi.

  1. Luasan Garasi kendaraan

Pastikan bahwa luasan garasi  cukup untuk menampung kendaraan kita. Dan juga untuk kenyamanan ketika kita membuka pintu,terutama untuk mobil. Jangan sampai space garasi mobil kita kurang sehingga kita tidak bisa membuka pintu mobil. Selain itu juga pastikan bahwa dimensi garasi kendaraan kita mempunyai space untuk sirkulasi jalan pengguna. Ukuran ideal lebar garasi untuk mobil kurang lebih sekitar lebar mobil di tambah 70 cm kanan dan kiri. Misalnya lebar mobil adalah 2 meter, maka garasi mobil yang dibuat lebarnya adalah 2 meter di tambah 70 cm kanan kiri, jadinya 3,4 m. Dan pastikan juga bahwa panjang garasi untuk mobil bisa mencover pajang mobil. Panjang garasi untuk mobil untuk mobil di Indonesia minimal 4 meter.

  1. Sirkulasi Udara
Baca Juga  Tips Memilih Tanaman Peneduh Carpot

Sering kali kita memanasi kendaraan kita di garasi kendaraan. Sehingga sirkulasi udara harus di perhatikan. Hal ini dimaksudkan agar asap dari kendaraan kita bisa keluar dengan cepat ke udara luar. Karena jika asap kendaraan tidak segera keluar, akan membuat tidak nyaman bagi penghuni rumah. Apalagi jika sampai asap kendaraan masuk ke dalam rumah. Tentu saja hal tersebut harus dihindari karena bisa membahayakan kesehatan penghuni rumah.

garasi mobil