Genteng tanah liat

By | February 3, 2019

Genteng tanah liat yakni genteng yang dibuat secara tradisional. Genteng ini terbuat dari bahan tanah liat yang dicetak kemudian dibakar pada tungku tradisional. Kerja pembuatan genteng yang tradisional ini membikin genteng memiliki daya, kepresisian dan kerapihan yang cukup. Anda bisa mendapatkan genteng ini dalam ukuran yang berbeda, ada yang ukurannya besar dan kecil. Untuk komponen finishing, genteng tanah liat tersedia dalam opsi yang natural atau glazur transparan. Glazur yakni sejenis coating untuk menutup pori-pori genteng dan memberikan tampilan yang lebih mengkilap.

Jenis genteng tanah liat

Genteng tanah liat dicetak dalam berbagai format sesuai dengan khas tempat produksi masing-masing. Beberapa ragam cetakkannya diantaranya yakni :

  1. Genteng Kodok

Genteng katak yakni genteng yang memiliki bidang datar pada komponen tengahnya, dimana pada komponen bawah genteng terdapat lekukan yang berfungsi sebagai pengunci pada reng. Pembuatan genteng katak bisa lakukan dengan dua metode, yakni manual dengan tangan atau dengan mesin. Di pasaran, genteng katak banyak dijual dengan finishing cat dan di glazur.

  1. Genteng Morando

Genteng morando yakni salah satu ragam genteng tanah liat lainnya. Genteng ini dibagi menjadi dua ragam, yakni genteng yang telah di glazur dan belum di glazur. Genteng yang belum di glazur biasanya dicat terlebih dahulu sebelum dipasang. Hal ini agar genteng terhindar dari serangan lumut. Sementara genteng yang telah di glazur, siap lantas pakai.

  1. Genteng Plentong

Adalah ragam genteng dengan figur awam (standar), dengan permukaan yang datar dari atas hingga bawah. Genteng ini memiliki lekukan pada sisi sampingnya. Genteng plentong familiar murah dan muatannya ringan. Selain itu, pemasangan genteng ini juga cukup gampang.

Baca Juga  Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

genteng tanah liat

Cat untuk genteng tanah liat

Genteng tanah liat yang terkena sinar matahari dan air hujan secara segera lama-kelamaan permukaannya akan berubah menjadi kusam. Bukan cuma penampilannya yang menjadi tak menarik sebab pudarnya warna genteng hal yang demikian, tapi kecakapannya dalam melindungi seisi rumah ikut serta berkurang. Genteng yang pudar berpotensi besar mengalamai rembesan air manakala situasi cuaca sedang hujan.

Permukaan genteng tanah liat memang sebaiknya dicat untuk menutup atau memperkecil ukuran pori-porinya. Genteng ini notabene mempunyai pori-pori yang berukuran besar. Seandainya tak disikapi dengan bagus, pori-pori ini akan memicu terjadinya kebocoran pada genteng. Salah satu satu solusi untuk menuntaskannya ialah menggunakan cat khusus ke permukaan genteng. Cat hal yang demikian akan melapisi genteng sehingga lebih kedap air.

Untuk mendapatkan hasil cat genteng yang bagus dan tahan lama ada beberapa yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Bersihkan permukaan genteng dari kotoran sebelum di cat
  2. Gunakan cat khusus untuk genteng. Cat ini agak berbeda dengan cat tembok biasa karena genteng setiap hari akan terkena panas matahari ataupun hujan. Sehingga membutuhkan cat yang khusus.