TIPS MENENTUKAN MATERIAL BAJA RINGAN YANG BENAR

memilih baja ringan kualitas baik

memilih baja ringan kualitas baik

Kami akan memberikan  TIPS MENENTUKAN MATERIAL BAJA RINGAN YANG BENAR untuk anda dan apa saja yang harus diperhatikan saat Pemasangan Kanopi baja ringan yang benar dan anda memilih menggunakan material baja ringan,

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • JENIS

Ada 2 jenis baja ringan yang beredar di pasaran yaitu, Galvanis dan Zincalume. Komposisi Zincalume adalah 1.5% Silicon + 43.5% Zinc + 55% Alumunium sehingga Keduanya memiliki bobot yang ringan namun sampai saat ini Zincalume masih memiliki kualitas terbaik dan banyak beredar.

 

  • TINGKAT KETEBALAN

Biasanya di setiap batang baja ringan sudah tertera keterangan merk, sni dan angka ketebalan sehingga memudahkan dalam pemilihan nya. Ketebalan baja ringan berdasarkan SNI (Standar Nasional Indonesia) ialah 0.75 mm, dan baja ringan mempunyai nilai ketebalan masing-masing yang bisa menyesesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kekuatan nya.

 

  • TINGKAT KELENTURAN

Periksa terlebih dahulu kelenturan atau dengan kata lain tingkat elastisitas baja ringan yang akan terpasang dengan cara memegang kemudian sedikit melengkungkan. Hal ini hanya sekedar  untuk mengetahui tingkat kelenturan dan kualitas baja ringan yang akan terpasang. Cirinya adalah tidak kaku dan tidak terlalu lentur.

 

  • GARANSI

Sebaiknya memilih baja ringan yang menyediakan garansi dalam jangka waktu yang lama. Agar menghindari hal yang tidak baik pada saat terpasang. Hal penting lainnya, pastikan bahwa baja ringan yang kamu beli ada perlindungan oleh dukungan garansi. baja ringan tersebut tak hanya berlaku untuk pemakaian dan instalasi saja, melainkan garansi produksi yang menyatakan bahwa ketahanan baja ringan telah melalui uji coba sesuai SNI(standar nasional indonesia). Keterangan nilai tegangan tarikan yang tertera.

 

Demikian sedikit tips dan trik untuk memilih material baja ringan yang baik dan memiliki daya tahan lama.

Semoga bermanfaat.